Kebijakan IT

  1. Home
  2. /
  3. Kebijakan IT

Kebijakan IT

IT Policy adalah sebuah kebijakan atau aturan-aturan atas perilaku user terhadap penggunaan fasilitas dan layanan teknologi informasi seperti penggunaan email, website, wireless, jaringan, software, hardware, internet, dan lain-lain.

Kebijakan masing-masing institusi  dalam penggunaan fasilitas IT akan berbeda, bergantung pada kondisi infrastruktur yang dimiliki oleh institusi. Perlunya dibuat IT Policy untuk menjaga agar fasilitas IT yang telah dimiliki dapat digunakan secara sesuai dan tepat guna

Kebijakan-kebijakan dalam penggunaan teknologi informasi ini harus dilihat dari 4 aspek, yaitu: hukum, moral, etnik, dan nilai.

  1. Hukum
    Aspek hukum terkait dengan undang-undang atau peraturan-peraturan yang wajib dipatuhi oleh seluruh pihak yang terlibat dalam penggunaan fasilitas IT. Aspek hukum inilah yang mengatur kebijakan-kebijakan penggunaan layanan dan fasilitas IT. Segala bentuk peraturan, kebijakan, dan pertanggungjawaban atas pelanggaran harus diatur dalam perundang-undangan. Universitas harus mengatur kebijakan-kebijakan tersebut dan menindak tegas terhadap pelanggaran-pelanggaran.
  2. Moral
    Segala tindakan yang melanggar moral, seperti tindak asusila, pornografi, pelecehan terhadap pihak tertentu melalui fasilitas IT harus ditindak tegas oleh universitas. Sikap moral dalam ber-IT harus ditanamkan mulai dari pejabat sampai tingkat bawah.
  3. Etnik
    Sikap dan perilaku dalam menggunakan fasilitas IT juga harus sopan dan tidak mengganggu pengguna lain.
  4. Nilai
    Nilai-nilai yang terkait dalam IT Policy antara lain: nilai kebebasan akademik, tingkat keamanan dan privasi. Sehingga pengguna merasa nyaman dalam menggunakan fasilitas IT yang disediakan oleh universitas.

Cakupan IT Policy yang diatur dalam universitas antara lain:

  1. Penggunaan Alamat Email Resmi Penggunaan email resmi yang membawa nama universitas hanya untuk staff/dosen dan unit/fakultas/prodi dalam universitas tersebut. Untuk urusan surat-menyurat elektronik dari dan untuk staff-ke-staff lain harus menggunakan alamat email universitas.
  2. Penggunaan Domain Resmi Setiap unit atau kegiatan yang berkaitan dengan universitas harus menggunakan subdomain universitas.
  3. Penggunaan Wireless
  4. Penggunaan Software dan Hardware

Manfaat yang dapat diambil dengan adanya IT policy antara lain: agar instansi dapat memastikan penggunaan IT pada instansi tersebut dengan efektif; untuk melindungi proses bisnis; untuk melindungi privasi karyawan; beberapa instansi juga menggunakan IT policy untuk membatasi purchasing dan support sehingga dapat menekan biaya instansi tersebut untuk keperluan IT.